Selamat Datang di Website Agricenter.... Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438H Mohon Maaf Lahir dan Batin...

Informasi Umum »  Produk Unggulan »  Jamur Kuping


Jamur Kuping

JAMUR KUPING

Jamur yang dalam bahasa ilmiahnya disebut Auricularia auricula ini merupakan salah satu kelompok jelly fungi yang masuk ke dalam kelas Basidiomycota dan mempunyai tekstur jelly yang unik. Fungi yang masuk ke dalam kelas ini umumnya makroskopis atau mudah dilihat dengan mata telanjang. Miseliumnya bersekat dan dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu miselium primer (miselium yang sel-selnya berinti satu, umumnya berasal dari perkembangan basidiospora) dan miselium sekunder (miselium yang sel penyusunnya berinti dua, miselium ini merupakan hasil konjugasi dua miselium primer atau persatuan dua basidiospora). Jamur ini disebut jamur kuping karena bentuk tubuh buahnya melebar seperti daun telinga manusia yang dalam bahasa Jawa disebut kuping.

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Fungi
Divisi: Basidiomycota
Kelas: Agaricomycetes
Ordo: Auriculariales
Famili: Auriculariaceae
Genus: Auricularia
Spesies: Auricularia auricula - judae

Karakteristik

Jamur kuping memiliki karakteristik tubuh buah yang kenyal (mirip gelatin) jika dalam keadaan segar. Tetapi dalam keadaan kering jamur kuping memiliki tekstur tubuh buah yang keras dan kaku seperti tulang.. Bagian tubuh buah dari jamur kuping berbentuk seperti mangkuk atau kadang dengan cuping seperti daun telinga manusia, diameternya 2 - 15 cm, tipis berdaging, dan kenyal. Tubuh buah jamur kuping pada umumnya berwarna hitam atau coklat kehitaman, tetapi ada juga yang berwarna coklat tua. Jamur kuping yang berwarna coklat pada bagian atas tubuh buah dan berwarna hitam pada bagian bawah tubuh buah adalah yang memiliki nilai jual yang paling tinggi.

Kandungan Gizi

Jamur kuping memiliki kandungan gizi yang terdiri dari kadar air, protein, lemak, karbohidrat, serat, abu dan energi sebesar 351 kkal. 72% lemak dalam jamur kuping termasuk ke dalam lemak yang aman dan sehat untu dikonsumsi. Vitamin yang terkandung di dalam jamur kuping terdiri dari vitamin B-1, B-2, dan C. Kandungan mineralnya antara lain K, P, Ca, Na, Mg, Cu dan beberapa elemen mikro lainnya. Kandungan seratnya berkisar antara 7,4 - 27,6%. Kandungan nutrisinya per 100 gram yaitu air 14.8 g, energi 284 kkal, protein 9.25 g, lemak 0.73 g, karbohidrat 73 g, serat 70.1 g, ampas 2.21 g.

Manfaat

Jamur kuping memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya untuk mengurangi penyakit panas dalam dan rasa sakit pada kulit akibat luka bakar. Lendir yang dihasilkan jamur kuping yang telah melalui proses pemanasan bermanfaat untuk penangkal (menonaktifkan) zat-zat racun yang terbawa dalam makanan, baik dalam bentuk racun nabati, racun residu pestisida, maupun racun berbentuk logam berat. Kandungan senyawa yang terdapat dalam lendir jamur kuping juga efektif untuk menghambat pertumbuhan karsinoma dan sarkoma (sel kanker) hingga 80-90% serta berfungsi sebagai zat anti koagulan (mencegah dan menghambat proses penggumpalan darah). Manfaat lain dari jamur kuping dalam kesehatan ialah untuk mengatasi penyakit darah tinggi (hipertensi), pengerasan pembuluh darah akibat penggumpalan darah, kekurangan darah (anemia), mengobati penyakit wasir (ambeien), dan memperlancar proses buang air besar.

Informasi Pemesanan

Benih F3 diproduksi oleh Dinas Pertanian Provinsi DIY melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) BPPTPH Unit Ngipiksari, dalam kemasan botol. Setiap botol dijual dengan harga Rp. 2.500,- , setiap botol benih jamur kuping F3 yang telah masak (penuh mycellium) dapat untuk menginokulasi 50 baglog. Kapasitas produksi 500 botol per bulan.

Untuk pemesanan dan keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Bapak Sardiyana (tlp 085878882298 ), Jalan Kaliurang Km 23,5 Desa Ngipiksari, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta