Selamat Datang di Website Agricenter.... Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438H Mohon Maaf Lahir dan Batin...

Informasi Umum »  Produk Unggulan


Produk Unggulan

PRODUK UNGGULAN PERTANIAN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

   

        

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan Provinsi dengan luas wilayah yang terbilang kecil dibanding Provinsi lain di Indonesia. Luas wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yaitu 3.185,85 km2, dan terdiri dari 4 kabupaten yaitu Kabupaten Sleman, Gunungkidul, Bantul, Kulon Progo dan  Kota Yogyakarta. Terletak pada ketinggian 0 – 2.911 meter dari permukaan laut, yang berdasarkan satuan fisiografis terdiri dari pegunungan dan dataran rendah, dengan curah hujan rata-rata 0,2 – 440,1 mm per tahun yang dipengaruhi oleh musim hujan dan musim kemarau. 

Meskipun hanya memiliki luas wilayah yang relatif sempit, Provinsi DIY mempunyai potensi sumber daya alam yang cukup besar. Salah satunya keanekaragam sumberdaya hayati berupa tanaman buah yang berkembang dengan baik terutama salak. Disamping buah salak, terdapat varietas baru yang mempunyai prospek untuk dikembangkan komoditas unggulan lain di Provinsi DIY yaitu Buah Manggis, Mangga, Durian. Peternakan di Provinsi DIY setiap tahun selalu meningkat produk-produk ternaknya. Komoditas peternakan yang diunggulkan di Provinsi DIY salah satunya adalah Kambing Peranakan Etawa (Kambing PE). Kambing PE dibudidayakan untuk diambil susunya. Susu segar Kambing PE nilai gizinya tidak kalah dengan susu sapi segar.

Di tahun-tahun mendatang dengan semakin meningkatnya persaingan produk pertanian di pasar bebas, pengembangan komoditas pertanian di Provinsi DIY terus dilaksanakan dengan mulai merintis pelaksanaan penerapan sistem Good Agricultural Practices agar produk-produk pertanian Provinsi DIY dapat bersaing di pasar bebas.